HASIL PANEN KACANG HIJAU KELOMPOK TANI NATAR HALI-FATUHA II

alas.desa.id//Kamis, 29 Maret 2018 Anggota Kelompok Tani Natar Hali-Fatuha II melakukan kegiatan pembersihan kacang hijau di Luan Kobo Dusun Fatuha II, dirumahnya Bapak Martinus Luan (Anggota Kelompok Tani Natar Hali-Fatuha II). Di pilihnya tempat ini untuk pembersihan kacang hijau karena, rumahnya Bapak Martinus dekat dengan lokasi perkebunan Kelompok Tani Natar Hali-Fatuha II tersebut. Kelompok Tani Natar Hali-Fatuha II, mulai dari pembersihan lahan, penanaman kacang hijau sampai panen, mereka selalu semangat, walaupun hasil akhir dari kerja keras mereka tersebut, hanya mendapatkan 170 kilo geram kajang hijau, dan dari 170 kg kacang hijau tersebut mereka sepakat dalam kelompok, untuk hasil panen pertama kali, mereka bagi per anggota kelompok berhak mendapatkan 10 kg dari 14 orang anggota kelompok yang aktif, dan sisa dari pembagian tersebut mereka bagi untuk tetangga-tetangga atau kerabat kerja yang tidak terlibat dalam kelompok tani tersebut.
Dalam pantauan saya sebagai penyuluh, mereka sempat menyampaikan keluhan-keluhan mereka atas Dana ADD yang dibagikan kepada anggota kelompok tersebut, bahwa dalam rapat forum di beberapa bulan yang lalu setiap kelompok berhak terima Dana sebesar RP 10.000, (Sepuluh Juta Rupiah) tetapi dalam pembagian dana tersebut tidak seperti yang diharapkan dan mereka menjelaskan bahwa alat atau bahan yang mereka terima adalah 3 tangki, 2 dos obat, pamungkas 1 dan 1 dos roundup (mereka perkirakan sekitar 3 juta rupiah) dan uang RP 3000.000 (Tiga Juta Rupiah) dan kwitansinya juga belum di kasi kepada kami. Kami sudah ada bendahara kelompok tetapi hanya pikul nama.
Harapan kami kedepannya, kalau bisa pemberian bantuan dana seperti ini harus melalui jalur yang seperti di harapkan yaitu pembagian sesuai dengan kesepakatan sehingga orang yang di percayakan dalam kegiatan kelompok tersebut bisa tau tentang tugasnya sebagai (bendahara) dan walaupun begitu kami sebagai petani tetap bekerja dan tetap semangat karena itu adalah tugas pokok kami dan persaudaraan kelompok tetap terjalin. Vmali Alfa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*