Kelompok Tani Maubesi Jaya

alas.desa.id// Jumat, 15 Desember 2017 Kasi Tani Desa Alas, Yohanes Ulu dan Ketua Kelompok Maubesi Jaya, Elde Ulu bersama anggota kelompoknya menuju ke kebun kelompoknya yang jarak dari kampung ke lokasinya sekitar 3 km yang di tempuh dengan jalan kaki.
Dibentuknya kelompok ini atau memilih nama kelompok ini adalah melalui musyawara bersama anggota kelompoknya dan akhirnya menghasilkan keputusan dari anggota kelompoknya yang di beri nama “Kelompok Tani Maubesi Jaya”, yang artinya bekerja dengan hati yang iklas, tekun dan displin pasti selalu berhasil dan jayalah kita.
Kelompok Tani Maubesi Jaya di beri bantuan oleh Pemerintah Desa Alas dengan ADD yang setiap kelompoknya wajib mendapatkan dana 10 Juta Rupiah guna membeli kebutuhan kelompok taninya yaitu dua tengki semprot dan satu gardus roundup yang berisi 12 botol, dan sisa uang kebutuhan kelompok tani ini akan di bagikan ke anggota kelompoknya sesuai kesepakan anggota.
Untuk pembukaan lahan baru, sebelum melakukan penyemprotan roundup ke lahan perkebunan, mereka membersihkan lahan secara tradisional yaitu dengan cara mengumpulkan sisa-sisa pembakaran api yang di bakar pada awal sebelum musim hujan tiba agar tanahnya lebih subur karena sisa-sisa pembakarannya (kata salah satu anggota kelompoknya). Dan roundup digunakan untuk membasmi lahan perkebunannya yang masih ada rumput dan setelah itu siap menanam tanaman yang mau di tanam. Dan rencananya Kelompok Tani Maubesi Jaya untuk tahun pertama ini, mereka siap mau tanam ubi di seluruh lahan yang dengan luasnya sekitar satu hektar, guna kebutuhan makanan babi (papar ketua kelompok) Vmali

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*