RAPAT MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN KECAMATAN KOBALIMA TIMUR TAHUN ANGGARAN 2017

alas.desa.id// Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka pada senin, 06 Februari 2017 yang dilaksanakan di Kantor Camat Kobalima Timur. Dalam Musrenbang tersebut dihadiri oleh masing-masing utusan desa sebanyak 6 orang dari 4 desa se-Kecamatan kobalima Timur, Utusan pelaku Gerakan Sehat Cerdas (GSC) se-Kecamatan Kobalima Timur, para Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas se-Kabupaten Malaka.

Dalam sambutannya Camat Kobalima Timur “Wens Leky” mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan kepedulian masyarakat Kobalima Timur dan OPD dari masing-masing Dinas se-Kabupaten Malaka yang sudah turut hadir dalam Musrenbang Kecamatan tahun 2017. Turut hadir Asisten II Kabupaten Malaka “Silivester Leto” yang dalam arahannya mengharapkan agar setiap usulan yang dibawa ke tingkat Musrenbang Kabupaten nanti adalah benar-benar mendesak yang menjadi kebutuhan masyarakat supaya bisa diperjuangkan dan direalisasi di tingkat Kabupaten maupun di Tingkat Pusat. Lanjutnya, bahwa kedatangan kami untuk memonitoring kegiatan Musrenbang juga memantau realisasi penggunaan anggaran baik dari APBD II, APBD I, APBN maupun Dana Desa untuk tahun anggaran 2016, kami ingin melihat fisik pembangunannya sudah sejauhmana.

Dari setiap OPD/Dinas yang hadir masing-masing membacakan sebaran kegiatan/program yang direncanakan untuk tahun anggaran 2017 yang menjadi acuan untuk usulan Kecamatan yang menjadi prioritas yang akan direalisasi dan didanai di tahun anggaran 2017.

Dalam Musrenbang tersebut menghasilkan 20 usulan dari empat bidang diantaranya Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pembangunan, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat masing-masing 5 usulan dan 5 usulan dari Kecamatan diantaranya; Pembukaan Jalan/Lapen dari Babulu Tukunu menuju Perbatasan Motamasin Dusun Fatuleki yang juga merupakan Jalan Usaha Tani, Peningkatan Jalan dari Tamankakaluk menuju Kali Babulu yang merupakan jalur siarah Rohani, Tower Telkomsel, Perpipaan dari Webeibau menuju Kantor Camat dan Puskesmas; dan Rehab berat Rumah dinas Kecamatan.

Dan sebaran kegiatan yang dibacakan Dinas Kesehatan yang akan direalisasikan pada tahun anggaran 2017 adalah pembangunan Puskesmas perbatasan 2 lantai lengkap dengan meubellernya yang berlevel Internasional lokasinya di Desa Alas dengan besar anggarannya kurang lebih 9 miliard dan program-program lain yang akan direalisasikan/disasarkan untuk Kec. Kobalima Timur di tahun anggaran 2017. Mengingat karena Kobalima Timur merupakan wilayah perbatasan maka banyak kegiatan/program yang difokuskan pemerintah untuk Kec. Kobalima Timur sehingga diminta dukungan dan kerjasama yang baik dari masyarakat agar ketika program itu datang bisa bersedia untuk memberikan tempat dan lokasi pembebasan lahan, Tutur Sekretaris dari Dinas LitBang (Bappeda).

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kobalima Timur “Wens Leky” selaku Camat mengharapkan agar semua usulan prioritas yang sudah disepakati untuk dibawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten nanti bisa dijawab dan direalisasikan karena semua usulan sifatnya mendesak dan menjadi kebutuhan bagi masyarakat Kebalima Timur. Dan kami mengharapkan kepada semua OPD dari Dinas yang hadir untuk sama-sama mengawal usulan kegiatan yang sudah ditetapkan sampai Sidang Paripurna di DPR sehingga bisa terealisasi. //Admin DA

Facebook Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan