Potensi Lahan Di Desa Alas Yang Belum Dikelola (Lahan Tidur)

Ratusan hektar lahan tidur di Desa Alas yang belum dikelola

alas.desa.id// Terbentang di perbatasan RI-RDTL begitu limpah kekayaan yang dimiliki desa Alas yang dibiarkan liar tak terkelola. Desa Alas masih memiliki lahan tidur cukup luas kurang lebih ratusan hektare yang belum dikelola dan dimanfaatkan. Padahal potensi SDM dalam pengelolaannya ada. Hal ini terlihat dengan prosentase mata pencaharian penduduk desa Alas adalah 90% petani.

Sebenarnya Pemerintah perlu mengkaji “Apa sih masalah sebenarnya yang melilit sehingga potensi ini tidak dikelola, serta Apa yang harus dikembangkan dan dimanfaatkan dalam mengisi kekosongan ini?”. Keterlibatan pemerintah dalam pengembangan potensi yang dimiliki di desa sangat diharapkan oleh masyarakat. Dalam pengembangan potensi pertanian yang dimiliki hingga kini (31/01/2017) belum tepat dan belum sesuai dengan apa yang sebenarnya harus diperbantukan kepada masyarakat. Pemerintah harus bijaksana dalam melihat peluang yang ada sehingga jangan yang dikasih sesuatu yang sama dimana tidak pernah merubah dan menyentuh sedikit pun sasaran yang sebenarnya menjadi dasar bagi kebutuhan masyarakat.

Masyarakat Desa Alas sangat mengharapkan pendampingan dan dukungan dari pemerintah terutama instansi terkait agar peduli dengan kelompok-kelompok tani yang sudah dibentuk agar mereka jangan terlelap dengan cara lama yang mereka miliki tetapi perlu diperkenalkan bagaimana cara berpetani yang modern. Pola pikir masyarakat ini yang harus dirubah jangan biasakan masyarakat dengan memberikan bibit-bibit yang tidak bermanfaat tetapi hanya sebagai tambahan saja dimana tidak ada nilainya bagi masyarakat. Admin DA

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan