Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Alas Tahun Anggaran 2017

Musyawarah rencana pembangunan desa Alas untuk tahun anggaran 2017

alas.desa.id// Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Alas tahun anggaran 2017 (19/01/16) di Aula Kantor Desa Alas. Berkaitan dengan pelaksanaan Musrenbang Desa Alas tahun 2017 dalam rangka penyusunan dan pembahasan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang dihadiri oleh wakil-wakil dari kelompok dusun, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, kelompok perempuan dan instansi-instansi lainnya yang ada di wilayah desa Alas semuanya dilibatkan dalam merencanakan dan mendukung arah kebijakan pembangunan desa untuk tahun anggaran 2017.

Musrenbang ini merupakan satu kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara langsung dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Desa Alas sesuai kondisi dan potensi desa, tandas Wens Leky (Pj. Kepala Desa Alas). Sehingga diharapkan bahwa setiap usulan kita benar-benar bisa menjawab dan mengatasi keluhan masyarakat atas semua masalah yang dihadapi saat ini yang sangat mendesak, lanjutnya. Akhirnya dalam Musrenbang menghasilkan usulan yang menjadi program pembangunan di tahun 2017 diantaranya; Pembangunan gedung PAUD lengkap dengan fasilitas tambah transportasi bagi tutornya, Pembukaan jalan usaha tani, pemberian fasilitas pendukung berupa alat semprot, herbisida dan bibit-bibit yang menjadi kebutuhan bagi kelompok-kelompok tani dan KK petani, Pemasangan meteran listrik bagi 85 KK RTM yang masih menggunakan pelita sebagai pengganti listrik dan program-program tambahan lainnya dalam bidang pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan dan bidang penyelenggaraan pemerintah desa.

Sementara ada 5 usulan yang membutuhkan biaya besar yang tidak bisa didanai dengan Dana Desa (DD) dan akan dibawa ke musrenbang Kecamatan diantaranya; pembangunan 4 bagi SMA Negeri Alas lengkap dengan meubellernya, Pembuatan bak penampung air bersih di setiap dusun, Pembangunan Rumah Layak Huni sebanyak sebanyak 180 unit bagi KK RTM, Pembukaan jalan usaha tani dengan volume 23 km, Pengadaan sarana prasarana pertanian berupa traktor dan lain-lain yang menjadi kebutuhan para kelompok tani dan KK petani.

Sesuai data yang ada di pemerintah desa Alas bahwa mata pencaharian penduduk desa Alas adalah 90% sebagai petani, dan potensi pertanian cukup tinggi dimana masih banyak lahan yang dibiarkan dan belum dikelola secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh akses jalan menuju wilayah berpotensi, kekurangan fasilitas pengolahan pertanian, minimnya pendampingan dari petugas dinas terkait bagi petani dan juga masih belum tersentuh apa yang menjadi kendala dalam pengembangan potensi yang dimiliki di desa. Untuk itu, menjadi harapan bagi masyarakat Desa Alas agar pemerintah bisa membenahi kendala yang dihadapi dan peduli dengan pengembangan potensi-potensi yang ada di pedesaan sehingga harapan pemerintah untuk memperjuangkan desa mandiri bisa terjawab. Revolusi pertanian yang dicanangkan pemerintah semoga terus diperjuangkan dan ditingkatkan. Admin DA

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan