POTENSI YANG ADA DI DESA HINGGA KINI BELUM DIKEMBANGKAN SECARA MAKSIMAL

Salah satu Potensi pertanian Desa Alas (Kepala)
Salah satu Potensi pertanian Desa Alas (Kelapa)

Cara bertanam secara tradisional
Cara bertanam secara tradisional

alas.desa.id// Desa Alas memiliki potensi yang cukup besar dalam bidang pertanian diantaranya; Kemiri, Kelapa, Mente, Asam, Cendana, kacang tanah, kacang hijau, Umbi-umbian, pisang dan masih banyak jenis potensi lainnya. Semua potensi yang ada tidak memiliki nilai di pasaran sebab cara pengolahan hingga kini masih diterapkan sistem pengolahan manual secara tradisional karena keterbatasan SDM dan fasilitas pertanian lainnya sehingga masyarakat hanya bisa mengolahnya untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak dipasarkan.

Pengolahan kemiri setelah dikumpulkan hanya dengan cara pengupasan manual yang melelahkan dan memakan waktu yang cukup lama sementara harganya cuman Rp 15.000/kg (sudah dikupas). Juga kelapa pengolahannya pun sama hanya dijadikan minyak untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan ketika dijadikan kopra harganya Rp 5.000/kg. Pengangkutannya pun membutuhkan biaya pengangkutan untuk bisa sampai ke pusat kota Kabupaten. Hal tersebut merupakan masalah bagi masyarakat Desa Alas dalam mengembangkan potensi Desa yang ada sehingga semua potensi yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik dan dibiarkan begitu saja.

 

 

Hingga kini implementasi pemerintah dalam revolusi pertanian yang telah diprogramkan belum begitu nampak terutama di daerah-daerah pedesaan. Program pemerintah dalam revolusi pertanian belum berjalan secara maksimal sehingga belum dirasakan dan dialami secara langsung oleh masyarakat Desa Alas khususnya dan Kobalima Timur umumnya.

Sudah memasuki musim tanam dan masyarakat sibuk dengan aktivitas bercocok tanam. Cara menanam pun kita perhatikan bahwa masih secara manual dan tradisional. Oleh karena itu, masyarakat berharap agar pemerintah baik tingkat daerah maupun tingkat pusat untuk serius dalam mendorong dan membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi-potensi pertanian yang ada di pedesaan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan