Desa Alas (Perbatasan RI-RDTL) Krisis Akan Air Bersih

Antrian Air Bersih yang terjadi di Dusun Fatuleki Desa Alas (09/12/2016).
Antrian Air Bersih yang terjadi di Dusun Fatuleki Desa Alas (09/12/2016).

alas.desa.id// Kekeringan bukanlah hal baru yang terjadi di lingkup Desa Alas Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka. Sudah sejak tahun 2006 hingga sekarang (09/12/2016) masalah kekeringan dan krisis air bersih masih terus dialami oleh masyarakat Desa Alas bahkan tiga desa lainnya se-Kecamatan Kobalima Timur (Desa Alas Selatan, Kotabiru dan Alas Utara) yang juga mengalami kondisi yang sama.

Kondisi ini menghambat aktivitas masyarakat yang Nota Benenya bahwa masyarakat Desa Alas 90% bermata pencaharian sebagai petani, dimana waktunya habis tersita hanya karena harus mengantri berjam-jam untuk mendapatkan kebutuhan akan air bersih. Potensi Desa terkait Air Bersih cukup besar dimana Desa Alas memiliki dua (2) sumber mata air yang debitnya sangat besar yakni We Ati Dusun Webora dan We Aubetun Dusun Fatuleki.

Masyarakat sangat rindu akan perhatian pemerintah baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat terkait kondisi/masalah tersebut, agar Pemerintah bisa memberikan perhatian dengan memanfaatkan potensi desa yang dimiliki sehingga ke depan masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan air bersih.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*