KEGIATAN POGRAM KELUARGA HARAPAN

Pemberian Uang Tunai Kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) se-Kecamatan Kobalima Timur yang berpusat di Kantor Desa Alas (29/04/2016). Seperti Yang dikutip dari Artikel Kementrian Sosial RI bahwa Tujuan utama dari Program Keluarga Harapan (PKH) adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin. Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian target MDGs. Secara khusus, tujuan PKH terdiri atas: (1) Meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM; (2) Meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM; (3) Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun dari RTSM; (4) Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi RTSM. 


Sasaran atau Penerima bantuan PKH adalah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak usia 0-15 tahun dan/atau ibu hamil/nifas dan berada pada lokasi terpilih. Penerima bantuan adalah lbu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada rumah tangga yang bersangkutan (jika tidak ada lbu maka: nenek, tante/ bibi, atau kakak perempuan dapat menjadi penerima bantuan). Jadi, pada kartu kepesertaan PKH pun akan tercantum nama ibu/wanita yang mengurus anak, bukan kepala rumah tangga. Untuk itu, orang yang harus dan berhak mengambil pembayaran adalah orang yang namanya tercantum di Kartu PKH.

Rincian data KK RTSM penerima PKH perdesa; Desa Alas Utara sebanyak 26 KK, Desa Kotabiru sebanyak 38 KK, Desa Alas sebanyak 76 KK dan Desa Alas Selatan sebanyak 68 KK sehingga total keseluruhan KK penerima RTSM untuk Kec. Kobalima Timur sebanyak 208  KK dengan kisaran uang tunai yang diterima  Rp 500.000 hingga Rp 1.300.000/KK. Sehingga dalam arahan seorang Petugas mengharapkan agar uang yang diterima semoga dimanfaatkan betul-betul untuk sasaran bukan setelah terima pulang langsung dihabiskan untuk adat. Margareta Abuk selaku Sekretaris Desa Alas mewakili Kepala Desa mengatakan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia untuk itu anak-anak kita yang sementara berada di bangku pendidikan harus kita dorong terus agar kelak mereka menjadi generasi penerus yang berkualitas dan punya bobot yang tinggi. //Admin Desa Alas

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*