PENELITIAN MITIGASI PENGEMBANGAN PROGRAM DESA BROADBAND

Dalam Kunjungan Kerja hari kedua (23/04/2016) Tim KOMINFO melakukan wawancara Khusus dengan pemerintah Desa dalam hal ini Pj. Kepala Desa (Marsel B. Berek, SH) di Kantor Desa Alas guna menggali sejauhmana penggunaan, pemanfaatan, pengelolaan dan kendala dalam akses layanan internet di Kawasan Desa Alas. Salah satu tujuan penelitian Mitigasi Pengembangan Program Desa Broadband adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan, manfaat dan sasaran tujuan fasilitas desa Broadband di Desa Alas Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka dalam menjawab kebutuhan masyarakat di wilayah Desa Alas khususnya dan wilayah kecamatan Kobalima Timur pada umumnya.

Dalam pembukaannya Marsel B. Berek juga selaku Camat menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Pusat dan KEMKOMINFO yang telah memberikan satu program yang luar biasa kepada Desa pinggiran sehingga bisa mendapatkan layanan internet. Beliau mengatakan bahwa kami di daerah tertinggal internet dan fasilitas-fasilitas seperti ini merupakan sesuatu yang sangat bernilai dan luar biasa bagi kami karena Desa Alas merupakan salah satu desa di wilayah Kabupaten Malaka satu-satunya dari 127 desa yang mendapat prioritas utama untuk mendapatkan program Desa Broadband. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut dalam penyebaran informasi dan bagi pemerintah desa sangat memudahkan pelayanan administrasi baik di bidang pemerintahan, pembangunan, pertanian, kemasyarakatan dan pendidikan terutama bagi pelajar internet merupakan sumber belajar sehingga boleh dikatakan bahwa fasilitas ini merupakan perpustakaan dan pusat informasi bagi mereka. Berkaitan dengan infrastruktur terutama ruangan belum memadai sehingga perlu direhap, untuk teknisnya nanti disusun dan diusulkan oleh pengelola sesuai kebutuhan. Hingga kini yang menjadi suatu kekurangan kami sebagai masyarakat awam perlu penyesuaian dan banyak belajar karena belum seluruhnya mengetahui tentang IT, buka internet saja masih setengah mati, ragu-ragu dan takut tetapi secara perlahan kita berusaha untuk mendorong sehingga ada kerja sama masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Desa ini agar tidak mubazir.

Untuk Pandu Desa dan pengelola cukup tetapi ke depan bilamana ada pelatihan perlu libatkan mereka demi meningkatkan pengetahuan dan teknis pengelolaannya agar lebih handal dan bertanggung jawab atas fasilitas yang ada supaya pemanfaatannya berkelanjutan untuk jangka panjang. Keberadaan alat ini cukup dan sangat membantu sehingga masyarakat berharap bisa ada pengembangan jangkauan agar lebih luas lagi bukan hanya di sekitar kompleks Kantor Desa tetapi mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Desa Alas bahkan seluruh masyarakat Kobalima Timur. Ditambahkannya juga bahwa saya Selaku Pj. Kepala Desa sekaligus Camat juga berharap program ini apabila ke depannya masih ada, kami masih punya lagi 3 (tiga) desa yaitu Alas Selatan, Kotabitu dan Alas Utara yang belum mendapat bantuan program desa broadband semoga bisa dibantu pengadaannya karena desa-desa dalam wilayah Kecamatan Kobalima Timur semuanya bertasan darat langsung dengan Negara Republic Demokrat Timor Leste (RDTL) sehingga layanan internet (IT) sangat dibutuhkan. ///Admin Desa Alas

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*